Jumat, 18 November 2011

Cara menginstal wordpress

Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Siapkan server localhost, kali ini saya menggunakan program Xampp sebagai server pada localhost, yang dapat anda download di sini. Kemudian instal program Xampp tersebut, yang dapat anda baca pada postingan saya sebelumnya di Cara menginstal Xampp-win32-1.7.3 For Windows.
  2. Jika server localhost sudah siap, silahkan anda menginstal wordpress anda. Jika anda belum mempunyai source code wordpress, silahkan download versi terbaru di WordPress.org.
  3. Setelah download wordpress selesai, pastikan file wordpress tidak corupt, atau ukurannya sekitar 3 MB.
  4. Kemudian simpan file wordpress.zip hasil download anda pada Drive C:\xampp\htdocs. Kemudian ekstrak file tersebut dengan klik kanan, pilih menu ekstrak di sini atau extract here. Setelah selesai ekstrak file kemudian hapuslah saja wordpress.zip tadi.


  1. Setelah itu kita buka browser, dan pada address bar ketikkan http://localhost kemudian tekan enter. Maka akan muncul program localhost yang telah kita instal sebelumnya. Klik English untuk memilih bahasa Inggris sebagai bahasa localhost.
  2. Pada menu Tools di localhost Klik phpMyAdmin untuk membuat database wordpress kita. phpMyAdmin
  3. Kemudian buat database untuk wordpress kita, Isi kotak “create new database” dengan  “wordpress” tanpa tanda petik seperti pada gambar di bawah ini dan klik “create”. Jika berhasil maka akan tampil pesan Database wordpress has been created.
    Database
  4. Setelah selesai membuat database, buka browser anda dan ketikkan pada address bar http://localhost/wordpress. Maka akan tampil menu instalasi WordPress. Kemudian isilah kolom instalasi wordpress dan cocokkan seperti gambar di bawah ini.Wordpress setting
  5. Kemudian lakukan langkah berikutnya dengan mengisi username dan password agar anda dapat login pada dashboard, hingga muncul halaman login dan taraaa, Selamat worpress sudah berhasil diinstal di komputer anda.
Referensi: http://taminteckom.wordpress.com/2011/10/22/cara-menginstal-wordpress-di-localhost/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar