Jumat, 02 Desember 2011

Jenis Layanan dalam Cloud Computing

Seperti halnya sebuah layanan, Cloud Computing biasanya juga memiiliki range layanan tertentu yang dapt dipilih sesuai dengan kebutuhan. Tulisan ini akan membahas mengenai jenis-jenis atau service model dari layanan cloud secara umum. Layanan cloud sering dikategorikan ke dalam 3 model, yaitu:

- Infrastructure-as-a-Service (IaaS)

- Platform-as-a-Service (PaaS)

- Software-as-a-Service (SaaS)


Infrastructure-as-a-Service (IaaS)

IaaS adalah sebuah model layanan dimana penyedia cloud menyediakan hardware / perangkat keras (komputer server, penyimpanan data, jaringan, dll) untuk pelanggan. Manajemen perangkat keras menjadi tanggung jawab penyedia layanan, dan pelanggan mengontrol operating system serta aplikasi yang diinstal ke dalam server.

Contoh: Penyedia layanan hosting (Neohoster, GoDaddy, dll), vCloud Express Services (misalnya BlueLock, Hosting.Com, Melboure IT, Terremark), Private cloud yang di-deploy dan di-manage oleh sebuah departemen IT sebagai layanan kepada bisnis unit lainnya (pelanggan di dalam sebuah organisasi), Azure Service dengan VM Role.
Platform-as-a-Service (PaaS)

PaaS adalah model layanan yang menyediakan semua hal yang dibutuhkan untuk mengembangkan / develop sebuah aplikasi pada cloud. PaaS menawarkan fasilitas untuk mengembangkan, testing, deployment, hingga maintenance aplikasi tanpa harus membeli infrastruktur dan software environment (Operating System)

Contoh: Windows Azure Platform, Google App Engine, VMforce.com
Software-as-a-Service (SaaS)

SaaS adalah model layanan dimana pelanggan cloud menggunakan aplikasi yang sudah disediakan dalam cloud. SaaS adalah bentuk cloud yang paling umum digunakan saat ini

Contoh: Office 365, Salesforce.com, Hosted Exchange, Salesforce.com



IT-as-a-Service

IT sebagai sebuah layanan adalah sebuah konsep yang menggunakan cloud untuk mendapatkan layanan TI pada suatu organisasi, sehingga resource yang ada dapat dialokasikan untuk aplikasi lain. IT-as-a-Service biasanya digunakan pada Software Provider, Software vendor, atau departemen TI dalam suatu organisasi untuk memindahkan aplikasi mereka ke cloud. IT-as-a-Service memungkinkan sebuah organisasi untuk focus terhadap pengembangan aplikasi, dibandingkan melakukan hal-hal lain untuk memastikan aplikasi tersebut dapat berjalan dengan baik.

Referensi:http://netindonesia.net/blogs/ianhutomo/archive/2011/07/14/jenis-jenis-layanan-cloud-computing.aspx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar